Menjadi Teacher Blogger Cuan



Sudah 6 bulan ini Pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Berbagai bidang sudah terkena dampaknya, mulai dari ekonomi, pariwisata, hingga pendidikan. Walaupun Kementerian Pendidikan telah mengucurkan bantuan berupa kuota data untuk guru, dosen, siswa, dan mahasiswa, nyatanya hal itu hanya bisa membuat senang sesaat. Baik guru maupun siswa sudah sama-sama jenuh dan lelah. Tidak bisa disangkal lagi, mereka mulai stress menghadapi wabah tak kasat mata yang entah akan sampai kapan. Aku adalah seorang guru.

  

Lelah? Ya tentu. Aku menghadapi ratusan chat siswa tiap harinya terkait materi matematika. Bayangkan saja, menyampaikan materi matematika yang bahkan jika diajarkan secara tatap muka pun belum tentu siswa cepat memahaminya, apalagi sekarang diajarkan secara daring.

Aku berusaha membuat materi ajar semenarik mungkin. Jika kebanyakan guru hanya memberikan materi ajar berwarna polos seperti LKS, aku meluangkan waktu untuk mendesainnya agar lebih eye catching untuk siswa. Aku juga berkolaborasi dengan teman guru lain membuat kanal YouTube untuk menjelaskan materi yang sudah aku buat.

Aku yakin aku bukanlah satu-satunya guru yang berjuang melewati hal ini. Oleh karena itu, dalam setiap pembuatan bahan ajar aku ingin membagikannya secara luas pada guru matematika lain. Selain untuk distribusi karya, setidaknya bahan ajar yang aku buat bisa meringankan beban sesama guru di tengah pandemi ini. Aku memilih menjadi seorang teacher blogger untuk dapat menjangkau banyak guru lain dan memiliki penghasilan.


MANFAAT MENJADI TEACHER BLOGGER



Dengan menjadi seorang teacher blogger, kamu akan mendapatkan berbagai benefit sebagai berikut.

  • Berbagi
Berbagi sumber belajar, bahan ajar, penilaian, dan RPP menjadi lebih mudah. Bayangkan kemudahan yang diberikan dengan penggunaan platform blog sebagai media membagikan sumber belajar. Guru maupun siswa dari berbagai penjuru bisa berdiskusi tentang kesulitan yang dihadapi serta memberikan tanggapan dan masukan satu sama lain selama 24/7.
  • Refleksi
Blog bisa digunakan sebagai refleksi pembelajaran yang telah dilakukan. Aku sudah menjadi guru yang seperti apa? Gaya mengajar apa yang aku gunakan? Apa preferensi mengajar yang aku pilih? Blogging bisa digunakan untuk menyampaikan kisahku selama mengajar kepada diriku sendiri!
  • Publikasi 
Guru saat ini dituntut untuk terus mempublikasikan karyanya. Blogging merupakan salah satu cara untuk menulis dan melaporkan karya-karya yang dikembangkan di sekolah. Oleh karena itu, blog bisa digunakan sebagai personal branding.
  • Literasi
Meskipun pada dasarnya ngeblog adalah proses menulis, tetapi di dalamnya kamu dituntut untuk  mengembangkan kemampuan literasi. Baik itu literasi media, teknologi, dan sosial. Karena untuk menulis suatu artikel di blog kamu diharuskan menyajikan tulisan yang baik dengan tampilan visual yang menarik dan materi yang faktual. 
  • Monetisasi
Ya, dengan blogging kamu bisa menambah penghasilan dengan monetisasi blog. Kamu bisa memasang iklan, menerima job tambahan untuk ditulis di blog, dan melakukan program afiliasi. Tenang saja, semua ini bisa kamu pelajari secara otodidak.

STARTER KIT MENJADI TEACHER BLOGGER



Tertarik menjadi seorang teacher blogger? Berikut hal-hal yang perlu kamu siapkan untuk melakukan blogging  pertamamu.
  • Nama Blog
Pilih nama blog yang dapat merepresentasikan diri dan filosofimu. Jangan meniru nama blog orang lain, karena nama blog haruslah sesuatu yang unik dan dan sesuai preferensi masing-masing. Ingat bahwa blog ini akan kamu jadikan sebagai personal branding.
  • Platform Blog
Saat ini sudah tersedia banyak platform blog yang bisa kamu gunakan, contohnya adalah Blogger dan WordPress. Jika kamu adalah seorang pemula, kamu bisa memilih platform Blogger. Blogger menyediakan layanan blogging gratis dengan kemudahan interface yang cocok untuk pemula. Namun, jika kamu kamu tertantang ingin lebih melakukan custom pada blogmu, kamu bisa memilih Wordpress, karena platform ini memberikan kamu keleluasaan untuk lebih mengontrol blog yang kamu miliki. Semua platform ini mempunyai keunggulan masing-masing. Pastikan kamu melakukan research sebelum memilih platform mana yang kamu gunakan.
  • Domain dan Hosting 
Tentu kamu sering menemui halaman blog yang diikuti oleh subdomain seperti aku.blogspot.com atau dia.wordpress.com. Untuk menunjang personal branding melalui blog, pertimbangkanlah untuk menyewa domain dan hosting agar blogmu terlihat lebih profesional. Kamu bisa melakukan research terlebih dahulu apakah domain yang ingin kamu ajukan sudah digunakan oleh orang lain atau belum.
  • Skill Menulis
Jika semua persiapanmu telah selesai, mulailah menulis! Kamu bisa membagikan bahan ajar, RPP, ringkasan materi, latihan soal, atau apapun sesuai preferensimu. Jangan batasi materi yang kamu sajikan hanya untuk beberapa kelas saja agar blogmu dapat lebih sesuai untuk banyak kalangan.
  • Bagikan di Media Sosial
Peningkatan statistik di blogmu tentu diukur dari seberapa banyak orang yang tertarik untuk membaca tiap artikelnya. Gunakan kekuatan media sosial untuk menggaet lebih banyak kunjungan di blogmu. 

 
MENJADI TEACHER BLOGGER BERSAMA EXABYTES
 
Mari kita berkenalan dengan Exabytes Indonesia, penyedia layanan Hosting Terbaik di Indonesia. Exabytes telah memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun melayani pelanggan di seluruh dunia terkait pendaftaran domain, web hosting hingga digital marketing. 
 
Mengapa memilih Exabytes? Karena Exabytes menawarkan layanan terbaik dengan harga yang anti bikin kamu panik. Exabytes juga memberikan layanan dibalik layar untuk menambah kenyamanmu loh. 


Nah, untuk keperluan blogging kamu bisa memilih layanan Hosting Wordpress Terbaik yang disediakan oleh Exabytes. Exabytes menawarkan banyak fitur yang akan membantu kamu mengembangkan WordPress menjadi lebih baik sesuai preferensimu.


Banyak benefit yang akan kamu dapatkan sebagai pengguna layanan hosting WordPress dari Exabytes yang membuatmu akan lebih mudah mengelola blogmu.

BERGABUNG DENGAN  TIM CUAN
 

Untuk menjadi seorang teacher blogger yang handal diperlukan konsistensi dan motivasi dalam menulis. Selain trafik kunjungan yang tinggi, cuan juga bisa kamu jadikan motivasi dalam menggeluti dunia bloging. Apalagi di tengah krisis pandemi seperti ini. Lantas, bagaimana kamu bisa mendapatkan cuan dari blog yang kamu buat? Berikut caranya.
  • Blog yang Berkualitas
Kamu perlu membangun blog yang berkualitas jika ingin menghasilkan cuan dari blog. Mulailah dengan menulis konten yang menarik. Kamu tidak perlu keluar dari tujuan awalmu sebagai seorang teacher blogger, kamu hanya perlu menjadi unik. Beri judul yang kreatif dan tampilkan juga media visual yang menarik. Jangan lupa untuk membagikan artikel yang kamu buat di sosial media yang kamu miliki.
  • Adsense
Google Adsense merupakan penyedia layanan iklan paling dikenal saat ini. Kamu perlu mendaftarkan blogmu dengan membuat akun adsense, kemudian kamu akan menerima email pemberitahuan keputusan ditolak atau diterima dalam beberapa hari. Bayaran untuk setiap iklan bervariasi antara $0,1 hingga $5 tergantung negara dan konten apa yang kamu angkat.
  • Endorsement
Pasti kamu tidak asing dengan istilah endorse. Ya, endorsement adalah bentuk kerja sama dari penyedia produk yang meminta kamu untuk mengiklankan produknya. Biasanya kamu akan diminta untuk menuliskan review terhadap suatu produk atau content placement. Bayaran yang kamu terima akan bervariasi sesuai kesepakatan kerja sama di awal.
  • Program Afiliasi
Program afiliasi adalah program yang akan memberikanmu komisi setiap ada pengunjung blogmu yang melakukan pembelian melalui link atau banner afiliasi. Benefit yang ditawarkan beragam tergantung perusahaan. Kamu bisa bergabung dengan Exabytes yang menyediakan Program Afiliasi Terbaik dengan komisi mencapai 25%.

Tentu sekarang kamu sudah lebih paham bagaimana memanfaatkan kesempatan menjadi teacher blogger untuk memperoleh penghasilan tambahan di masa pandemi ini. Semua kembali lagi pada usaha dan konsistensi kita masing-masing. Jangan cepat menyerah jika kunjungan blogmu masih sedikit. Jangan langsung tumbang jika blogmu belum menghasilkan cuan.
Kamu hanya perlu meluangkan lebih banyak waktu untuk menulis, untuk membagikan karyamu, dan untuk mempertegas posisi personal branding-mu. 
Tetap semangat kawan!
 
*** 

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Blog Exabytes. Infografis diolah secara mandiri dari opini pribadi dan sumber yang telah disertakan.




REFERENSI
 
Exabytes. Web Hosting Terpercaya di Indonesia. Diakses secara daring melalui https://www.exabytes.co.id/ pada tanggal 8 Oktober 2020.
Exabytes. Wordpress Hosting. Diakses secara daring melalui https://www.exabytes.co.id/wordpress-hosting/fitur  pada tanggal 8 Oktober 2020.
Exabytes. Perbandingan Paket WordPress Hosting. Diakses secara daring melalui   https://www.exabytes.co.id/wordpress-hosting pada tanggal 9 Oktober 2020.
Exabytes. Program Afiliasi. Diakses secara daring melalui https://www.exabytes.co.id/program-afiliasi pada tanggal 9 Oktober 2020.
Howell, Dennis Relojo. Being A Teacher Blogger: Tips On How To Get Started. Diakses secara daring melalui http://psychlearningcurve.org/being-a-teacher-blogger-tips-on-how-to-get-started/ pada tanggal 8 Oktober 2020.







3 comments

  1. Salut banget dengan perjuangan seorang guru. Semangat ya kak, semoga era yang kental dengan pembelajaran via daring ini tidak membuat kakak menyerah untuk mencerdaskan siswa-siswa di luar sana.

    Btw, salam kenal😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, harus semangat pokoknya.

      Salam kenal juga kak ☺

      Delete
  2. Mantab, Bu Nur. Menjadi teacher blogger semakin memperluas jalan berbagi para guru ya Bu.
    Semoga terus konsisten.
    Salam kenal, Bu Nur😊

    ReplyDelete