ASUS VivoBook 14 A416 Jadikan PJJ Lebih Produktif dan Effortless




Januari identik dengan dimulainya semester kedua di sekolah. Persiapan tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan yang tidak sedikit ternyata belum bisa menjamin semester kedua ini akan dilaksanakan dengan tatap muka. Pelaksanaan pembelajaran tatap muka harus diundur karena awal tahun 2021 justru disambut dengan melonjaknya kasus positif Covid-19.


Sekolah saya termasuk salah satu yang berada di zona merah. Sudah hampir genap satu tahun saya tidak melihat ramainya anak-anak saat jam istirahat, asiknya mereka saat diskusi, atau wajah berkerut mereka ketika mengerjakan soal matematika.


Pandemi Covid-19 nyatanya memang menciptakan jurang antara guru dan siswa. Kesehatan satu generasi harus diadu dengan ketercapaian kompetensi. Tentu pembelajaran jarak jauh masih menjadi solusi utama menjembatani jurang tersebut. Pembelajaran yang diharapkan tetap mengoptimalkan kompetensi yang diterima siswa, sekaligus menjaga mereka agar tetap sehat hingga pandemi ini usai.

 

Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh

 

Pembelajaran jarak jauh memang sudah diterapkan sejak Maret 2020, tapi ternyata tidak sedikit tantangan yang dihadapi para guru dalam menyampaikan materi hingga kini. Tentu tantangan ini akan lebih berat dan beragam bagi sekolah yang berada di daerah pinggiran. Berikut saya sampaikan beberapa tantangan yang guru hadapi saat melakukan pembelajaran jarak jauh.




   

Gagap Teknologi Halangi Penyampaian Materi

Ganasnya covid-19 memang tidak tebang pilih. Sekolah pinggiran maupun kota, guru muda maupun tua, semua menerima imbasnya. Akibatnya tentu banyak guru  dan sekolah yang terpaksa beradaptasi dengan teknologi agar dapat menjalankan pembelajaran jarak jauh.  Bagi guru yang lahir di zaman milenial mungkin bisa mengimbangi dengan cepat, tapi tentu ada sebagian guru lainnya yang masih harus terseok-seok untuk pembelajaran jarak jauh.

 

Gagap teknologi yang dialami guru ini tentu berimbas pada belum optimalnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Materi pembelajaran sering kali hanya disampaikan sebagai tugas, tanpa diawali penjelasan. Dari sini kita bisa melihat awal dari kejenuhan siswa menghadapi pembelajaran jarak jauh.


Banyak Materi, Tugas Jadi Solusi?

Pelaksanaan pembelajaran selama pandemi telah diatur oleh kemendikbud, termasuk mengenai kurikulum yang telah diringkas menjadi kurikulum khusus. Tetapi tetap saja, materi itu dirasa banyak dan sulit disampaikan kepada siswa. Lagi-lagi kembali ke poin pertama, yaitu tentang gagap teknologi. Akibatnya banyak guru memilih untuk memberikan penugasan kepada siswa dengan ekspektasi siswa dapat belajar mandiri di rumah. 

 

Tapi apa iya semua siswa bisa demikian? Rasanya, guru juga mulai harus berbenah.


Mau Daring Tapi Sinyal Garing

Senjata utama dalam pembelajaran jarak jauh adalah jaringan internet. Tapi taukah kamu masih banyak daerah di Indonesia yang terkendala jaringan untuk internet? Sinyal yang timbul tenggelam masih sering kali dirasakan saya dan banyak sekolah pinggiran lainnya. Entah karena hujan atau mati listrik, sinyal kerap kali lemah. Akibatnya tentu pembelajaran menjadi terganggu. Boro-boro mau video conference pakai Zoom, mengirim pesan WhatsApp saja tidak bisa.


Gawai Tidak Memadai, Alasan Pembelajaran Terhenti

Sebenarnya, banyak guru yang sudah mengusahakan untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Tapi upaya ini ternyata masih terhalang dengan gawai yang tidak memadai. Banyak didapati guru hanya menggunakan gawai dengan spesifikasi standar sekali, yang penting bisa menjalankan Ms. Office. 

 

Penggunaan laptop yang sudah jadul tentu sangat berdampak pada efektivitas dan produktivitas guru dalam pembelajaran. Laptop jadul sering tidak kuat hingga not responding untuk membuka banyak jendela di browser saat mencari dan membuat materi pembelajaran. Kipas akan berbunyi nyaring dan panas, bahkan saat laptop hanya digunakan untuk aktivitas olah data dan angka. Bayangkan kalau laptop tersebut diminta untuk bekerja lebih keras membuat video pembelajaran? Pasti justru menguji kesabaran.

 

Upgrade Skill, Wujud Dedikasi untuk Negeri

 

Tentu saya tidak tinggal diam dalam menghadapi tantangan tersebut. Saya berusaha upgrade skill untuk dapat menghadirkan pembelajaran jarak jauh yang lebih menyenangkan bagi siswa saya. Berikut adalah beberapa kegiatan yang telah saya lakukan.



Aktif Ikut Webinar dan Workshop

Di saat siswa belajar, tentu saya juga tidak mau ketinggalan. Sela-sela jam mengajar seringkali saya gunakan untuk mengikuti webinar dan workshop untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan saya sebagai guru. Banyak sekali pelatihan yang diadakan oleh berbagai pihak untuk dapat menunjang pembelajaran jarak jauh, seperti yang sedang saya ikuti sekarang yaitu tentang pembuatan infografis dan whiteboard animation menggunakan Explee. Beberapa bulan lalu saya juga sempat mengikuti pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis Augmented Reality, tapi tidak dapat maksimal karena terkendala perangkat yang masih belum memadai. 


Memberi Variasi Desain pada LKS

Pembelajaran jarak jauh yang sulit sekali dilaksanakan dengan video conference memaksa saya untuk memutar otak agar dapat menyampaikan materi kepada siswa. Tentu pada awalnya lancar, namun lama kelamaan saya melihat siswa cenderung jenuh. Akhirnya saya mulai otak-atik LKS secara sederhana. Tujuannya agar siswa menjadi lebih tertarik mempelajari materi yang saya berikan.


Membuat Video Pembelajaran

Platform YouTube memang banyak menawarkan video, baik untuk keperluan hiburan hingga pembelajaran. Namun, rasanya masih kurang jika saya menggunakan video buatan orang lain yan ada di YouTube. Saya yang ingin lebih dekat dengan siswa mencoba untuk membuat video pembelajaran, tapi lagi-lagi perangkat menjadi kendala. Walaupun bisa saja menggunakan HP untuk membuat video pembelajaran, tapi rasanya tidak nyaman jika menggunakan layar yang hanya 6,3 inci itu.


Disinilah saya sadar bahwa gawai yang memadai sangat diperlukan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh. Jangan sampai keinginan kita untuk berinovasi dalam pembelajaran justru terhenti karena gawai yang tidak memadai.

 

Pembelajaran Produktif dan Effortless dengan ASUS VivoBook 14 A416

 

Demi mencapai pembelajaran yang produktif dan effortless, guru harus mau keluar dari zona gagap teknologi. Tentunya hal ini juga diiringi dengan upgrade perangkat ya. Masih belum terlambat bagi guru untuk upgrade skill dan juga upgrade perangkat. Perangkat yang memadai tentu akan menunjang jalannya proses pembelajaran menjadi semakin efektif.



ASUS VivoBook 14 A416 menjadi impian saya untuk dapat lebih produktif selama pembelajaran dan WFH. Laptop ini merupakan seri terbaru dalam VivoBook Series yang diperkenalkan akhir tahun 2020. Penasaran seperti apa ASUS VivoBook 14 A416? Mari kita berkenalan terlebih dahulu.


ASUS VivoBook 14 A416 hadir untuk memenuhi kebutuhan bekerja dengan kinerja bertenaga dan visual yang menarik. Laptop ini tentu sangat sesuai untuk menunjang pembelajaran jarak jauh ya. Berbagai keunggulan diberikan oleh ASUS untuk memanjakan pengguna dalam menikmati easy portability dan effortless productivity. 


Laptop ini hadir dengan dua pilihan warna yaitu transparent silver dan slate gray. Sudah kebayang kan betapa elegannya ASUS VivoBook 14 A416 ini.



Berbagai Keunggulan ASUS VivoBook 14 A416

 

Laptop terbaru seri ASUS VivoBook 14 A416 ini seperti menjawab keinginan guru yang ingin selalu upgrade skill. Berbagai keunggulan yang diusung ASUS VivoBook 14 A416 tentu membuat saya ngiler untuk segera memilikinya. Semoga segera kesampaian ya. Nah, bagi guru lain yang juga ingin upgrade perangkat sekaligus skill untuk menunjang pembelajaran, berikut saya paparkan berbagai keunggulan dari ASUS VivoBook 14 A416.


Performa Tinggi untuk Kinerja Bertenaga

 



Base Model ASUS VivoBook 14 A416 dibekali dengan dapur pacu Intel® Core™ i3 1005G1 dengan 2 core dan 4 thread. Prosesor ini  memiliki base frequency 1.2 Ghz dan maksimum single core turbo mencapai 3.4 Ghz.  Sedangkan untuk varian tertinggi,  ASUS VivoBook 14 A416 menggunakan prosesor Intel® Core™ i5 1035G1 dengan 4 core dan 8 thread. 


Prosesor dengan arsitektur 10 nanometer ini mampu bekerja optimal dengan suhu yang lebih dingin dan tidak cepat panas. Dengan prosesor ini, pengalaman bekerja multitasking akan terasa lebih ringan, mudah, dan irit tenaga baterai.


Prosesor yang handal ini dibersamai dengan RAM 4 GB DDR4 yang memiliki kecepatan 3200MHz. RAM ini sangat lega untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari guru dalam melaksanakan pembelajaran. ASUS juga menghadirkan SO-DIMM socket yang memungkinkan kamu upgrade RAM hingga 12 GB. Tidak ada lagi alasan laptop lelet sehingga kamu tidak bisa upgrade skill ya.




Untuk penyimpanan, ASUS VivoBook 14 A416 menghadirkan pilihan HDD 1 TB, SSD 256 GB-512 GB, dan juga tipe penyimpanan hybrid HDD 1TB + SSD 256 GB. Kamu bisa pilih sesuai kebutuhanmu ya. Tapi kalau saran saya, tentu pilih varian HDD+SSD.


SSD wajib jadi pertimbangan untuk memilih laptop jaman now. Selain menawarkan kapasitas yang lebih besar, SSD ini juga akan menunjang kecepatan saat transfer file dan memperlancar kinerja kita dalam menggunakan Office atau browsing cari materi saat RAM nya sudah penuh.


GPU pada laptop ini telah menggunakan NVIDIA® GeForce® MX330 dengan 2GB GDDR5 VRAM yang tentu sangat memuaskan untuk digunakan dalam pembelajaran seperti Office, melihat video YouTube, dan juga browsing.  GPU ini tentu juga akan sangat mendukung guru yang berminat untuk mencoba membuat video pembelajaran sendiri. Bahkan untuk kamu yang hobi main game ringan, tentu masih sangat terfasilitasi dengan laptop ini.

 

Sensasi Laptop Elegan yang Ringkas dan Ringan

ASUS VivoBook 14 A416 didesain sangat ringkas dan ringan. Hadir dengan dimensi 325.4 x 216 x 19.9 mm, laptop ini hanya memiliki bobot 1,5 kg saja. Dengan ukuran tersebut, laptop ini sangat nyaman untuk dibawa kemana-mana. Kita tidak akan merasakan pegal-pegal lagi jika harus mengajar dari sekolah, karena laptop ini memang seringkas itu.



Kesan elegan juga semakin memukau saat kita membuka layar laptop ini. Layar ASUS VivoBook 14 A416 telah mengusung teknologi NanoEdge Display yang dirancang untuk meberi kita lebih banyak ruang pada layar. Bezel yang lebih tipis dengan screen-to-body ratio mencapai 82% ini membuat ukuran ASUS VivoBook 14 A416 lebih kecil dari laptop lain pada umumnya. 


Kamu juga akan merasakan kenyamanan tersendiri saat bekerja dengan ASUS VivoBook 14 A416. Pasalnya panel laptop ini memiliki resolusi hingga Full HD dengan wide viewing angle 178°  yang telah dibekali anti-glare agar kerjaanmu lancar tanpa terganggu pantulan dan silau.


Untuk lebih mengoptimalkan kinerjamu, engsel ErgoLift juga dihadirkan ASUS dalam seri ini. Engsel ini dirancang secara presisi untuk menjamin keamanan layar saat dibuka dan mampu memiringkan keyboard hingga 4°. Bagi guru yang memiliki kewajiban menuntaskan administrasi sekolah dan mengoptimalkan pembelajaran, engsel ErgoLift ini tentu akan memberi pengalaman mengetik yang lebih nyaman. 


Bukan hanya itu, engsel ErgoLift juga didesain untuk memberi ventilasi tambahan sehingga dapat memperlancar aliran udara di bawah sasis. Akibatnya suhu internal yang dihasilkan saat bekerja pun menjadi lebih rendah karena pendinginan meningkat. Hal ini akan memberi pengalaman komputasi lebih stabil.

 

Perlindungan dari Bodi Kokoh dan Fitur Canggih

 


Sebagai seorang guru yang memiliki mobilitas tinggi, tentu saja kita harus memilih laptop yang memiliki perlindungan untuk rangkanya.  ASUS VivoBook 14 A416 memang masih menawarkan peyimpanan berjenis HDD yang lebih rentan terhadap kerusakan fisik dibandingkan SSD. Namun, kamu tidak perlu takut karena ASUS telah membekali HDD ini dengan fitur peredam guncangan HDD E-A-R® yang akan melindungi datamu dari benturan fisik. Kamu juga tidak perlu repot-repot mengaktifkan fitur ini, karena perlindungan akan secara otomatis mendeteksi guncangan maupun getaran sehingga mengurangi kemungkinan kerusakan HDD.


Selain itu, terdapat juga penahan logam yang terletak di bawah keyboard yang memberikan kestabilan saaat kamu mengetik. Logam ini juga memperkuat engsel dan melindungi komponen internal laptop. Lid pada laptop ini juga telah diperkuat untuk memberi dukungan struktural pada cover, layar, dan engsel. Fungsinya seperti pelindung benturan pada mobil loh.

 

Dari sisi keamanan pengguna, laptop ini dipersenjatai dengan sensor sidik jari yang terletak di touchpad. Kamu hanya memerlukan satu sentuhan saja untuk mengakses laptop ini, tanpa perlu mengetikkan kata sandi. Tersedia juga fitur Windows Hello yang membuat pengalaman mengakses  ASUS VivoBook 14 A416 menjadi lebih mudah dan aman.


Konektivitas Tanpa Batas

Mengusung tagline #EasyPortability dan #EffortlessProductivity, ASUS tanpa ragu membekali laptop ini dengan I/O yang sangat lengkap. I/O yang lengkap ini tentu memudahkan kita untuk mentransfer bahan ajar maupun materi, melakukan presentasi, dan juga video conference untuk menunjang pembelajaran tanpa harus menenteng dongle atau hub tambahan.



ASUS VivoBook 14 A416  dilengkapi dengan port  USB-C® 3.2 dan port USB 3.2 Tipe-A yang memberikan kecepatan transfer data hingga 10 kali lebih cepat dari koneksi USB 2.0. Tidak perlu khawatir lagi proses transfer data menyita waktu yang lama. Selain itu,  ASUS VivoBook 14 A416  dibekali port USB 2.0, microSD reader, output HDMI, dan audio combo jack yang akan mempermudah kita saat menghubungkan semua periferal, layar, dan proyektor.


Sedangkan untuk networking, laptop ini menggunakan Wi-Fi 5 (802.11 ac) yang mememungkinkan bandwidth hingga 160 MHz, lebih besar dari standar sebelumnya yang hanya 40 MHz. Hasilnya transfer data secara daring menjadi lebih optimal.

 

Keyboard dan Touchpad Idaman

Siapa disini yang masih kesusahan input nilai siswa untuk analisis penilaian? Saya tentu angkat tangan paling tinggi. Ya, kesulitan ini paling sering saya rasakan apalagi setelah pelaksanaan PTS, PAS, maupun PAT. Pada laptop ukuran 14 inci, memang keyboard angka akan disajikan di deret atas dengan display memanjang. Inilah yang membuat saya kurang nyaman dan menjadi tidak bisa cepat melakukan input nilai.



Tapi hal ini tidak akan dirasakan ketika  memiliki ASUS VivoBook 14 A416. ASUS menghadirkan inovasi bertajuk ASUS NumberPad yang membuat kinerja kita menginput nilai dan hal lain yang menggunakan angka menjadi jauh lebih mudah. Kita hanya perlu mengetuk ikon panel di touchpad untuk mengubahnya menjadi panel angka yang diterangi LED.


Selain itu, pengalaman mengetik kita juga akan ditunjang oleh kehadiran keyboard full size dengan keytravel 1,4 mm yang telah memiliki fitur backlit. Pasti kita akan menjadi lebih nyaman untuk bekerja di ruang yang minim cahaya.

 

Gratis Windows 10 Home dan Microsoft Office Home & Students 2019

Guna memperlancar produktivitas kita, ASUS telah membekali laptop ini dengan Windows 10 Home dan juga OHS 2019 pre-installed. Sudah nggak zaman lagi ya pakai produk bajakan modal crack. 




OHS 2019 senilai 1,89 juta ini sudah sangat cukup untuk menunjang pembelajaran karena terdiri atas Ms. Word, Excel, dan Point yang bisa dinikmati lifetime loh. Tentu kita akan lebih bersemangat dan produktif ya setelah menggunakan laptop ini. 


Harga dan Spesifikasi Lengkap


Pasti kalian sudah mupeng kan ingin segera memiliki ASUS VivoBook 14 A416 setelah tahu berbagai keunggulannya.  Laptop ini bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui official store ASUS baik online maupun datang ke tokonya langsung. Laptop ini dibanderol dengan harga beragam sesuai dengan spesifikasinya, simak harga selengkapnya di bawah ini.

  • Rp 7.699.000,00
    (Windows 10 Home/Intel® Core ™ i3-1005G1/MX330/4GB/1TB HDD/FHD)
  • Rp 7.799.000,00
    (Windows 10 Home/Intel® Core ™ i3-1005G1/MX330/4GB/256G PCIe+HOUSING/FHD)
  • Rp 8.599.000,00
    (Windows 10 Home/Intel® Core ™ i5-1035G1/MX330/4GB/1TB HDD/FHD)
  • Rp 10.399.000,00
    (Windows 10 Home/Intel® Core ™ i5-1035G1/MX330/4GB/512GB PCIe/V-IPS FHD)
  • Rp 10.799.000,00
    (Windows 10 Home/Intel® Core ™ i5-1035G1/MX330/8GB/1TB HDD+256GB PCIe/FHD)

 

Untuk menjawab semua rasa penasaranmu, berikut saya sajikan spesifikasi lengkap dari ASUS VivoBook 14 A416.

 

Prosesor Intel® Core™ i5 1035G1 Processor
Intel® Core™ i3 1005G1 Processor
Sistem Operasi Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro for business.
Memori 4 GB DDR4 3200MHz SDRAM Onboard memory, 1 x SO-DIMM socket , total up to 12 GB SDRAM
Display 14.0" (16:9) LED-backlit HD (1366x768) 60Hz Anti-Glare Panel with 45% NTSC
14.0" (16:9) LED-backlit FHD (1920x1080) 60Hz Anti-Glare Panel with 45% NTSC
14.0" (16:9) LED-backlit FHD (1920x1080) 60Hz Anti-Glare Panel with 45% NTSC with wide 178° viewing angles
Grafis NVIDIA® GeForce® MX330 , with 2GB GDDR5 VRAM (Optional)
Storage Hard drive:
1TB 5400 rpm SATA HDD
Solid state drive:
256GB PCIe® Gen3 x2 SSD
Solid state drive:
512GB PCIe® Gen3 x2 SSD
Hybrid Storage:
1TB HDD + 256GB SSD
Keyboard Chiclet keyboard
Card Reader Multi-format card reader (MicroSD)
WebCam VGAWebcam
Networking Wi-Fi
Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac)
Bluetooth
Bluetooth® 4.1
Interface 1 x COMBO audio jack
1 x Type-C USB 3.2 (Gen 1)
1 x Type-A USB 3.2 (Gen 1)
2 x USB 2.0 port(s)
1 x HDMI
1 x Fingerprint reader (Optional)
Audio ASUS SonicMaster Technology
Baterai 2 -Cell 37 Wh lithium-polymer battery Battery
Adaptor Daya Plug type :ΓΈ4 (mm)
Output :
19 V DC, 3.42 A, 65 W
Input :
100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
Dimensi NB:
325.4 x 216 x 19.9 mm (WxDxH)
Berat NB:
1.5 kg
Sekuritas fTPM (Firmware-based Trusted Platform Module)
Certificates UL, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, Australia C-TICK / NZ A-Tick Compliance, CCC, GOST-R, CB, Energy Star
Jaminan 2 tahun garansi hardware global. *berbeda di setiap negara
Built-in APPs MyASUS
McAfee's free one-year offer
MyASUS feature System Diagnosis
Battery Health Charging
Splendid
Tru2Life
Function Key Lock
Smart Wifi
AppDeals
Link to MyASUS

 

Tanpa Ragu Pilih ASUS 

 

Brand ASUS sendiri pasti sudah tidak asing di telinga kita. Produknya tidak jarang kita temui digunakan oleh guru maupun siswa. Pada tahun 2019, ASUS menguasai pangsa pasar laptop konsumer di Indonesia hingga 40,4% berdasarkan riset terkemuka GfK. Angka ini mencapai lebih dari dua kali lipat penjualan dari produsen perangkat lain yang berada di peringkat kedua dan ketiga di pasar Indonesia. Sebagai salah satu perusahaan yang termasuk dalam World's Most Admires Companies dari majalah Fortune, berikut keunggulan ASUS yang bisa kamu jadikan pertimbangan.


Brand Motherboard No. 1 di Dunia

Sejak tahun 1989, ASUS telah menjual lebih dari 500 juta motherboard di seluruh dunia. ASUS mampu menjaga kualitas dan kehandalan motherboard yang merupakan kunci dari performa suatu PC. Tidak aneh jika riset menyebutkan 1 dari 3 komputer yang terjual di dunia saat ini menggunakan motherboard ASUS. Apakah laptopmu salah satunya?


Perusahaan TI Paling TOP Dunia

Media publikasi Fast Company menobatkan ASUS sebagai Top 10 kategori Elektronik Konsumer sebagai "Perusahaan Paling Inovatif 2010". Inovasi ini terlihat dari banyaknya seri-seri terbaru yang dihadirkan ASUS setiap tahunnya. Apakah kamu sudah menikmati salah satu inovasi dari ASUS?


Kualitas dan Pelayanan No. 1

ASUS sangat konsisten menjaga kualitas dan inovasi dalam setiap produknya. Jangan heran jika ASUS mendapat penghargaan dari The Wall Street Journal Asia sebagai perusahaan yang memiliki kualitas dan pelayanan terbaik. 


Teknologi Ramah Lingkungan

ASUS merupakan perusahaan pertama di dunia yang meraih Sertifikat EU Flower Eco untuk komputer desktop dan Sertifikat EuP untuk notebook loh. Ini merupakan bukti nyata ASUS untuk terus menjadi industri yang menghasilkan teknologi ramah lingkungan. Yuk, mulai menjaga lingkungan dengan menggunakan produk ASUS.



Penutup

 

Teknologi yang semakin maju rasanya sayang jika tidak diimbangi dengan keinginan kita untuk maju. Apalagi dengan tujuan dedikasi untuk negeri sebagai seorang guru, pemilihan laptop yang tepat tentu akan menunjang kerja yang lebih produktif dan pembelajaran yang efektif. 

 

Sudah tidak perlu diragukan lagi untuk memilih ASUS VivoBook 14 A416 sebagai partner kita dalam mewujudkan pengalaman belajar mengajar yang effortless. Dengan semua keunggulan yang telah disebutkan di atas, ASUS VivoBook 14 A416 telah membuktikan diri sebagai laptop andalan masa kini. 

 

***

 

REFERENSI

 

https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-Laptop-14-X415JP/

https://www.asus.com/event/2020/productguide/id/ASUS_Product_Guide.pdf 

https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-Laptop-14-X415JP/specifications/ 

 

 

1 comment

  1. Laptop yang ringan dan tipis. Ini mudah banget dibawa kemana-mana. Terutama para konten kreator atau mereka yang punya mobilitas tinggi. Buat para pelajar, ini cocok banget karena dilengkapi dengan webcamera dan mikrofon.

    ReplyDelete